Pengertian Attitude
Attitude artinya sikap, perilaku, dan tingkah laku seseorang ketika berinteraksi dengan orang lain. Attitude merupakan rangkuman dari pengalaman seseorang sehingga attitude dinilai berdasarkan pengalaman yang terjadi dalam diri seseorang.
Attitude memiliki 2 macam yaitu mencangkup hal baik/positif atau negatif yang ada dalam diri seseorang. Attitude yang baik sangat berpengaruh dalam kesuksesan seseorang.
Pentingnya attitude dalam dunia kerja
Attitude dalam dunia kerja itu sangat penting karena berkaitan dengan sikap dan perilaku seseorang terhadap orang lain dalam dunia kerja. Sudah selayaknya setiap orang memiliki attitude yang baik dan bahasa yang sopan dalam dunia kerja. Salah satu alasan utama memiliki attitude yang baik di tempat kerja adalah karena sikap itu dapat menular ke orang lain.
Contoh attitude yang baik dalam dunia kerja
1. Sopan dan Ramah
Karyawan yang bersikap sopan dan ramah dengan rekan kerja akan menimbulkan sikap poitif terhadap lingkungan kerja dan akan membuat suasana kehidupan dalam dunia kerja menjadi lebih baik dan menyenangkan daripada mereka yang bersikap cuek dan judes dalam dunia kerja.
2. Disiplin Waktu
Dalam dunia kerja disiplin waktu merupakan hal yang penting karena seorang karyawan harus disiplin waktu dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh atasannya. Disiplin waktu juga menimbulkan lingkungan positif dalam dunia kerja.
3. Menghormati Rekan Kerja
Sikap yang baik sebagai karyawan yang berkualitas dan memiliki attitude baik,rasa hormat tidak hanya ditunjukkan kepada atasan tetapi juga ditunjukan kepada sesama karyawan baik senior, junior , ataupun klien.
4. Bertanggung Jawab
Sebagai karyawan harus memiliki tannggung jawab yang tinggi terhadap suatu hal yang sudah dikerjakannya.
5. Menerima Kritik dan Saran
Seseorang yang berada dalam dunia kerja harus memiliki sikap agar dapat menerima kritik dan saran dari orang lain yang berada dalam lingkungan kerja.
Attitude yang baik di tempat kerja tidak hanya membuat hari anda menjadi menyenangkan namun juga mempengaruhi rekan kerja disekitar kita. Membangun attitude yang baik ditempat kerja bukanlah sesuatu yang mudah namun perlu dilatih terlebih dahulu. Cara sederhana yang perlu dibiasakan dalam membangun attitute yang baik adalah senyum, maaf dan berterimakasih. Mungkin terlihat sepele namun tiga perilaku tersebut memiliki arti yang saat luar biasa.
Setelah membaca artikel diatas yuk terapkan attitude yang baik dalam dunia kerja karena memiliki dampak yang luar biasa. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi semua...
Komentar
Posting Komentar